Minggu, 22 November 2015

CIREBON ITU DOCANG ITU CIREBON

DOCANG...Wah apa itu?!! Sejenis transportasikah? Nama negara? Nama Orang? Alat pertanian? Alat Tulis? Nama makanan? IYA ITU MANA YANG NEBAK NAMA MAKANAN??!!!
Tul docang itu jenis makanan khas asal Cirebon. Rasanya pedas. Unik. Berkuah. Dan bertabur kelapa parut. Isinya lontong, oncom atau dage orang cirebon bilang, daun singkong, toge (toge asli yaa...bukan toge yang lain hehehe), dan berkuah khas. Wah lupa itu krupuknya protes!! IYA ada satu lagi krupuk. Dan krupuknya tidak bisa asal krupuk. Krupuk putih biasa tidak enak kalau dipadukan dengan docang. Ada yang bilang krupuk docang juga namanya, kecil kecil dan berwarna putih kusam. BUkan putih bersih.
Sampe detik tadi saya sedari brojol di kota udang ini juga belum tau asal muasal kata DOCANG. Aneh...saya utak atik sendiri nama itu tidak ketemu apa artinya. Akhirnya menyerah, angkat tangan sama mbah google dan ponakannya mbak wikipedia. Hehehehe...mereka tau segalanya.
Ini penjelasan dari mbak wiki apa itu docang. Katanya berasal dari kata bodo dan kacang disingkat docang. Bodo itu sendiri berarti oncom atau dage. Kacang ya kacang, namun disini berarti toge. Jadilah docang!!!
Docang dengan gundukan krupuk khasnya
Gimana bahan lainya ga pada protes. Mau ente apa namanya??? DOCANGDAKONGTONGPUK gitu namanya (boDO, kaCANG, DAun singKONG, lonTONG, kruPUK) tukang spanduk aja gak sanggup buatnya. Bhahahahaha...
Saya suka banget sama docang. Biasanya saya beli hari minggu pagi. Jaman sekolah dulu mah naek sepeda ke sebuah Gang yang namanya Gang Rotan di Jalan Karanggetas. Udah lama banget ga kesana, ga tau masih ada ga. Dulu aja udah tua orangnya...sekarang juga pasti udah tua hehehe
Pilihan lain, saya yang lebih modern, adalah di Jalan Siliwangi dekat stasiun Kejaksan Cirebon. Keduanya memiliki kemiripan rasa dan kuah yang berwarna merah. Rasanya maknyosss!!!
Cara makan yang saya suka tuh krupuknya ditenggelamkan - kalo gak mau paksa aja - sampe lemes dan tak berdaya baru mulut saya menyantap. Beeuuuuhhhh nikmeeehhh rasanyaaaa. Maaf kalo ada yang gak suka krupuk lemes, enak lho coba aja!!. 
Ini gambar krupuk yang udah dipaksain tenggelem
Sayangnya gambar yang saya upload hanya docang yang ada di lingkungan rumah saya sekarang. Memang kalo ga sempet kesana, banyak juga yang berjualan docang di pagi hari. Harganya mulai 3000 (iya serius 3000) sampai, yang udah ngerasa jago n terkenal hehehe harganya bisa 9000.
Gak semua orang suka docang. Mungkin lebih tepatnya gak berani nyoba. Salah satunya sssttttt...mertua saya *celingukan kali aja tiba-tiba nongol. Katanya berantakan....ruwet.... makanan mentah....belum aja nyoba Pak pasti ketagihan. Makanya dulu waktu pacaran gak pernah nyogok pake docang. Kalo sampe...ga bakal saya jadi menantunya. Fiuhhh untung..untung...soalnya pernah kepikiran beliin docang
Mangga dicoba docange, tinggal teka, dodok lan mangan!! ngerti gak???
Ditunggu yaa yang mau nyoba docang di Cirebon

Tidak ada komentar: